Perkemahan Akhir Tahun Angkatan-3 2017

“IKHLAS BAKTI BINA BANGSA BERBUDI BAWA LAKSANA, SALAM PRAMUKA!!!!!”

Gerakan pramuka bertujuan untuk membentuk karakter generasi penerus bangsa melalui kegiatan edukasi di dunia luar yang berbasis kelompok, sehingga para anggota pramuka diharapkan mampu mempelajari apa arti kebersamaan, tanggung jawab, jiwa kepemimpinan lain dan mempraktikkannya di kehidupan sehari hari.

Perkemahan Akhir Tahun angkatan ketiga SMK Negeri Jawa Tengah dilaksanakan pada tanggal 10 – 11 Juni 2017 bertempat di lingkungan sekitar SMK Negeri Jawa Tengah, Semarang. Penyelenggara kegiatan merupakan sangga kerja ambalan Diponegoro – Kartini gugus depan 09.097 – 09.098 pangkalan SMK Negeri Jawa Tengah. Sebelumnya anggota Dewan Ambalan Penegak periode 2016/2017 ini telah mempersiapkan betul betul acara tahunan ini agar dapat berjalan maksimal. Peserta perkemahan ini adalah seluruh siswa kelas X dengan total 120 siswa.

Kegiatan bertemakan ” Berkah Ramadhan” karena bertepatan dengan bulan ramadhan di tahun 2017 ini. Dua hari sebelum hari H pemimpin sangga dikumpulkan untuk melaksanakan technical meeting, yang kemudian hasil dari technical meeting tersebut disosialisasikan kepada anggota sangganya masing masing.

Hari Sabtu 10 Juni 2017 acara yang pertama yaitu upacara pembukaan, dilanjutkan dengan persembahan yel yel dari masing masing pengurus harian dan seksi bidang Dewan Ambalan Penegak, ulangan akhir semester pramuka, dan giat prestasi yang berlangsung sampai pukul 17.00 WIB.

Upacara pembukaan dilaksanakan dengan tertib dan penuh khidmat, ada juga penyematan tanda peserta yang diwakili oleh Rico Dwi Cahyono (X Teknik Mekatronika) dan Noviatun Noviah (X Teknik Mekatronika). Lanjut ke persembahan yel yel DAP, semua peserta sangat antusias menyaksikan persembahan yel yel dari DAP yang lucu dan mengundang gelak tawa. Kemudian lanjut di kegiatan  UAS pramuka, setiap sangga mengerjakan ulangan dalam formasi lingkaran di depan Gedung Utama, walaupun matahari semakin memuncak namun tidak menyurutkan semangat kami untuk menunjukkan keseriusan kami dalam mengikuti kegiatan perkemahan ini.  Dilanjutkan dengan beberapa perlombaan (giat prestasi) diantaranya The Big Scout Art, Putra /Putri Dipokarti, Rally, Dongeng Jawa, dan Parodi yang dilaksanakan dari pukul 13.00 sampai 17.00 WIB.

Malam harinya dilaksanakan upacara api unggun di Convention Hall lantai tiga Gedung Biru yang diisi dengan unjuk bakat  putra – putri Dipokarti. Setelah acara selesai peserta beristirahat, selang dua setengah jam peserta dibangunkan yaitu tepat pada pukul 00.30 WIB, dibariskan di lorong bagian selatan Gedung Biru kemudian dipisah antara Pasukan Khusus dan bukan Pasukan Khusus.

Night Motivation pun dimulai di saat saat tegang seperti ini, masih tetap saja ada peserta yang mengantuk walah walah…… ya maklum saja mungkin terlalu capek seharian berkegiatan, tapi jangan jadikan alasan untuk bermalas malasan ya kawan.. Night Motivation berlangsung sampai menjelang waktu sahur, ya walaupun kami merasa sedikit mengantuk, kami menjadi sadar apa tanggung jawab kami, apa tugas dan kewajiban kami sebagai anak pramuka yang baik berkat renungan dan motivasi yang diberikan kakak kakak Dewan Ambalan Penegak kepada kami.

Seperti biasa setelah sahur kami melaksanakan ibadah sholat subuh di masjid dan bersih diri. Sekitar pukul 05.15 kami melaksankan senam pagi yang meliputi senam pramuka dan genu fa mire. Seluruh peserta melaksanakan senam dengan semangat ada juga kakak DAP yang ikut senam bersama kami.

Kemudian persiapan untuk upacara penutupan, seluruh peserta diperintahkan untuk membersihkan barak masing masing dan ganti seragam pramuka. Sekitar pukul 08.00 WIB upacara penutupan pun dimulai ada juga acara pelantikan pramuka penegak bantara bagi kelas X yang belum dilantik.

Setelah upacara penutupan selesai dilanjutkan dengan pengumuman kejuaraan dari masing masing perlombaan, alhasil Juara Umum Putra diraih oleh Sangga Pelaksana 3 ( Maulana Afif dkk) dan  Juara Umum Putri diraih oleh Sangga Perintis 4 (Riska Yunita, Putri Noor Azizah, Nadiyah Zulfa, Amalia Insani, Kusuma Ayu Ramadoni, dan Maya Kartika Sari).

Sekian acara Perkemahan Akhir Tahun Angkatan -3  di tahun 2017. Semoga semangat pramuka tetap abadi di jiwa generasi penerus bangsa dan jayalah SMK Negeri Jawa Tengah……

“SATYAKU KUDARMAKAN DARMAKU KUBAKTIKAN, SALAM PRAMUKA!!!!!!!!”